Apakah MLM Itu?

dup-1-1-formatMLM adalah kepanjangan dari Multi Level Marketingyang kadang-kadang disebut dengan Network Marketing. Arti pokoknya adalah sekelompok orang yang diatur dalam jenjang seperti bangun piramid memasarkan produk kepada konsumen. Seorangsales representative (sales rep.) yang dalam MLM disebut dengan berbagai istilah seperti member, distributor, afiliasi atau partner bisnis berusaha mendapatkan pelanggan (costumer) dan merekrut serta melatih distributor lain merekrut pelanggan. Distributor yang direkrut dan dilatih disebut dengan downline  ataufrontline. Istilah lain adalah distributor yang disponsori. Ilustrasinya menurut http://www.firstclassmlm.com/ sebagai berikut.

01-salesrep_customers

Sebenarnya multi level marketing merupakan usaha pemasaran dari semua perusahaan pemasaran, baik yang MLM maupun yang non-MLM. Mungkin ANDA pernah mendengar cara pemasaran dari suatu usaha non-MLM dengan tawaran: “Ajak seorang teman maka ANDA akan memperoleh potongan harga pada pembelanjaan berikutnya…”, ini sudah suatu pola MLM. Atau ANDA memberitahu seorang teman bahwa suatu “warung makan” yang ANDA kenal sangat enak, kemudian teman ANDA bersedia makan di warung makan itu dan jadi pelanggan. Nah, informasi ANDA kepada teman yang jadi pelanggan itu sebenarnya adalah suatu AKTIVITAS penting dari bisnis MLM. Apalagi jika pihak warung makan mengenal ANDA sebagai pembawa pelanggan, dan lalu memberi “hak-hak istimewa” ketika ANDA makan di situ lagi, itulah MLM…!

Jadi MLM adalah sangat sederhana. Dan sistem ini menjadi sumber atau faktor keberhasilan sembarang usaha pemasaran, usaha warung makan, bahkan profesional seperti dokter, pengacara, tukang las, penjual bakso, rental mobil dan sebagainya. Perkembangan mereka sangat bergantung pada informasi tentang usaha mereka dari pelanggan kepada calon-calon pelanggan. Dan informasi ini adalah IKLAN yang sangat murah tetapi efektif. Syaratnya hanyalah terletak pada kualitas produk atau jasa dan pelayanan kepada konsumen yang PRIMA.

JADI MLM yang baik dan benar harus berorientasi kepada PELANGGAN yang tidak lain adalah para member atau distributor. Faktor keberhasilan perusahaannya adalah kualitas produk dan sistem kompensasi (bonus plan) yang menguntungkan bagi para pelanggan SECARA NYATA.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s