Herbal Sapu Jagat

ALAM telah memberikan lebah dengan zat yang membuat mereka dan sarang mereka bebas dari kuman, meskipun 40.000 sampai 60.000 lebah yang berdesakan dalam jarak dekat di dalam sarang. Zat pelindung ini disebut propolis, yang merupakan nama yang diambil dari dua kata Yunani yang berarti pertahanan kota. Propolis lebah dekat pintu sarang untuk mensterilkan sesuatu yang memasukinya, mereka juga menggunakan propolis untuk membalsem atau memumikan bangkai binatang yang lebih besar yang telah menyerang sarang, tetapi yang terlalu besar untuk lebah untuk menghapus. Propolis membantu mensterilkan sarang untuk menghambat penyebaran bakteri, virus dan jamur yang akan menjadi ancaman yang signifikan dalam lingkungan lembab, ramai. 

Lebah tidak membuat propolis, tetapi mereka mengumpulkannya dari pohon-pohon. Propolis adalah campuran senyawa, termasuk resin, vitamin, asam amino, mineral, bioflavonoid dalam kandungan tinggi, dan galangin zat anti-bakteri. 

Properti Anti-infektif Propolis 

Propolis telah digunakan untuk penyembuhan luka sejak ribuan tahun yang lalu. Selama Perang Dunia I dan II, tentara menggunakan propolis untuk mencegah luka mereka dari terinfeksi dan untuk mempercepat proses penyembuhan. Pekerjaan penelitian awal pada propolis sudah banyak dilakukan di Eropa Timur dan bekas Uni Soviet, yang terdiri dari penelitian laboratorium yang sangat teknis serta uji klinis terkontrol. Uji laboratorium menunjukkan bahwa propolis sendiri adalah efektif terhadap lebih dari 20 jenis bakteri. Studi klinis dari Uni Soviet, Rumania, dan Cina, menunjukkan bahwa propolis efektif terhadap berbagai macam infeksi bakteri, jamur, dan virus. Dr Kravcuk Kiev menemukan bahwa propolis efektif untuk menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk kering pada 90% dari 260 pasien. Suatu studi baru-baru ini oleh Serkedjieva, et al, menunjukkan bahwa bahan aktif dalam propolis secara signifikan menghambat virus flu Hong Kong. Oleh karena itu, propolis mungkin agen yang baik untuk mencegah dan mengobati pilek dan flu. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa propolis efektif melawan virus herpes simpleks.

Sifat antibakteri propolis tampaknya karena beberapa mekanisme. Drs. Takaisi-Kikuni dan Schilcher menemukan bahwa propolis: 1) menghambat pertumbuhan bakteri dengan mencegah pembelahan sel; 2) disorganisasi sitoplasma, membran sel, dan dinding sel bakteri; 3) menyebabkan bacteriolysis parsial, dan 4) menghambat sintesis protein. Tiak ada satu pun resep antibiotik yang bekerja begitu rumit seperti dengan cara kerja propolis. Selain itu, keuntungan unik dari propolis adalah bahwa propolis dapat meningkatkan efektivitas antibiotika seperti penisilin dan streptomisin jika dikonsumsi bersamaan. Kombinasi propolis dengan obat antibiotik dapat mengurangi dosis obat, mengurangi efek samping obat, dan kemungkinan penurunan resistensi bakteri terhadap obat.

Propolis dan Peningkatan kekebalan 

Propolis juga merangsang sistem kekebalan tubuh. Dr Remy Chauvin dari Paris, Perancis, menyatakan bahwa  mekanisme penyembuhan Propolis  tidak hanya karena sifat antibakteri dan efek detoksifikasi, tetapi juga dengan meningkatkan reaksi pertahanan tubuh terhadap infeksi mikroorganisme. Propolis bekerja dengan meningkatkan ketahanan alami tubuh terhadap infeksi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh sendiri yang. Propolis secara signifikan mengaktifkan makrofag, yang memainkan peranan penting dalam pencegahan infeksi. Di samping itu, secara signifikan dapat menghambat aktivitas lipoxygenase, sehingga menghambat sintesis prostaglandin.  Strehl,. et al menyatakan bahwa propolis memiliki efek anti-inflamasi.

Propolis dalam Pencegahan dan Pengobatan Kanker 

Salah satu temuan baru-baru ini yang paling menarik pada propolis adalah kemanjurannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Caffeic asam phenethyl ester (CAPE), salah satu bahan aktif dalam propolis, telah terbukti dapat mencegah pembentukan kanker pada hewan percobaan. Hal ini juga menunjukkan efek penghambatan kanker yang kuat terhadap beberapa kanker. Propolis menghambat pertumbuhan sel kanker dengan meningkatkan proses apoptosis (proses kematian sel terprogram dalam tubuh kita gunakan untuk menyingkirkan sel-sel tua dan sel-sel tidak berguna). Propolis dapat secara signifikan mengurangi toksisitas terhaap jantung dari doxorubicin, agen kemoterapi yang digunakan dalam pengobatan kanker.

Penggunaan lainnya Propolis 

Dr Franz K. Feiks Rumah Sakit Umum di Klosterneuberg, di Austria, melaporkan bahwa propolis juga efektif terhadap bisul lambung (tukak; maag). Dalam sebuah studi klinis yang melibatkan 294 pasien, Dr Feiks menemukan bahwa 90% dari 108 penderita maag yang diberi propolis bebas dari gejala setelah dua minggu, dibandingkan dengan hanya 55% dari 186 pasien dirawat secara konvensional. Dr Feiks. Juga memperhatikan bahwa 70 % dari kelompok pasien yang diberi propolis memperoleh penyembuhan dalam tiga hari, dibandingkan dengan hanya 10% dari kelompok yang menerima pengobatan konvensional. Propolis juga tampaknya efektif dalam pengobatan jerawat yang parah.

Keselamatan dan keamanan mengonsumsi Propolis

Tidak ada efek samping yang telah dilaporkan untuk propolis. LD50 (dosis menyebabkan setengah dari hewan diuji untuk mati) untuk propolis adalah 7,34 g / Kg berat badan pada tikus, atau kira-kira  50 gram propolis untuk orang  dengan bobot 160 pounds. Juga, Propolis adalah non-iritasi, dan dengan demikian aman untuk penggunaan topikal. Meskipun persentase yang sangat kecil dari populasi mungkin alergi terhadap propolis, sebagai Susan Smith Jones berkomentar dalam buku Lets Live nya, Propolis lebah madu telah ada di dunia sejak 40 juta tahun! Ini adalah pengujian alam yang sangat VALID terhaap efektivitas Propolis dalam menjaga kelestarian huidup LEBAH MADU. [diterjemahkan dari: intelegen.com/ImmuneSystem/propolis]

Melia Propolis, salah satu merek dagang propolis murni 15% yang sudah terbukti khasiatnya. Melia Propolis terbaik diantara sejenisnya di Indonesia.  Mari silakan akses  www.propbiyang.com untuk memperoleh informasi selengkapnya. Unduh formulir aplikasi di http://www.kdpbiz.com/?page_id=217 . Isi, kirim ke kasir@probeyoung.com dan transfer dana yang dibutuhkan lalu tunggu kiriman produk dari kami di alamat Anda masing-masing.

Tentang W D Widodo

Winarso D Widodo, admin e-warung http://wfbc.netfirms.com/ yang merupakan stokis PT Melia Nature Indonesia untuk wilayah Darmaga - Bogor dan sekitarnya. PT MNI merupakan perusahaan MLM untuk 2 produk kesehatan: 1) Melia Propolis dan 2) Melia Biyang, sarana menuju hidup Sehat dan Sejahtera Bersama.
Pos ini dipublikasikan di apitherapy, Herbal, propolis, sehat sejahtera, Suplemen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s