SESUAIKAN LINGKUNGAN ANDA

Selama menjalani MLM PT MNI beraneka ragam orang saya temui. Dari segala lapisan masyarakat. Dari kesemuanya, saya sangat belajar dari Pak Rahidin, seorang pedagang rokok gerobakan yang mangkal di pintu masuk dari Cilendek, kompleks perumahan elite, Taman Yasmin – Bogor.

Setelah menjalani bisnis beberapa bulan, kehidupannya berubah. Gerobak rokok pun dia tinggalkan. Namun saya berpesan, “Pak Rahidin, seharusnya tidak begitu saja meninggalkan gerobak rokoknya, Pak.” “Lho, kenapa Pak?”, jawab Pak Rahidin balik bertanya. Saya jawab, “Ya, karena gara-gara Pak Rahidin jaga gerobak rokok itu kan, Pak Dony upline Sampeyan datang lalu memperkenalkan propolis yang membawa perubahan kehidupan menjadi lebih baik?” Jawabnya enteng waktu itu, “Iya juga sih… tapi capek Pak. Dagang rokok sehari dapat Rp 20,000 saja dah untung, tapi dengan Propolis ini, Rp 100,000 sehari adalah yang paling kecil…. he he he he.”

Singkat cerita, Pak Rahidin memang maju pesat. Bahkan mengajak saya balapan beli mobil…. Saya jawab, sementara saya ngalah lah… kan sudah beli duluan…:-). Mungkin karena ledekan itu Pak Rahidin lalu giat belajar. Ikut pelatihan pengembangan jaringan segala. Sayangnya dia sangat mendengarkan anjuran leader Bogor, untuk mengubah kebiasaan jualan Propolis eceran menjadi paketan. Bahkan memaksakan diri untuk mencari calon pembeli yang langsung beli 7 paket. Kalau tidak 7 paket “No Way…!!!”

Dasar tukang rokok, hitungannya juga sederhana. Kalau satu paket bonus sponsornya Rp 100,000 maka kalau 7 paket bonusnya jadi Rp 700,000. Kalau seminggu dapat 2 member yang masing-masing beli 7 paket, dan diletakkan di kiri dan kanan maka bonus totalnya adalah 2 x 7 x Rp 100,000 = Rp 1,400,000 ditambah dengan bonus perkembangan jaringan 7 kiri – 7 kanan = Rp 510,000 sehingga total Rp 1,910,000 seminggu. Sebulan berarti hampir Rp 8 juta. Maka Pak Rahidin kemana-mana ikut si Leader. Sampai lupa untuk menjalankan kebiasaannya jualan eceran. Akhirnya justru 6 bulan Pak Rahidin nihil dari bonus. Terpaksa gerobak rokoknya dia buka lagi… jualan rokok lagi.

Untung upline langsungnya (Sponsor) Pak Rahidin mendatangi dan mengingatkan kembali akan suksesnya Rahidin itu karena jualan eceran, bukan jualan paketan. Jangankan 7 paket, sepaket pun bukan… Pak Rahidin diajari lagi secara sederhana. “Jual lagi seperti dulu, 3 botol Propolis sehari, maka Pak Rahidin akan untung Rp 60,000 sehari.” Dari keuntungan itu, taruh kata Rp 30,000 disetor untuk kehidupan sehari-hari kepada Isteri, Rp 20,000 untuk operasional dan makan Pak Rahidin dalam perjalanan lalu Rp 10,000 ditabung kan lumayan.

Untung Pak Rahidin menuruti perintah Upline-nya. Mulai Februari kemarin, bonus mulai mengalir lagi. Meskipun belum pulih seperti sebelum dia mengejar 7 paketan, tapi sudah lumayan lah. Hitungannya gampang, jika dia memperoleh bonus pasangan terendah (Rp 170,000) artinya dia berhasil menjual eceran 4 paket atau 28 botol, artinya keuntungan yang dia peroleh dari jualan eceran sebesar 28 x Rp 20,000 = Rp 560,000. 

Hari Minggu kemarin, 14 Maret 2010, dia datang ke stokis untuk ambil belanja automaintain bulan Februari. Sebelum dia pulang sempat berkata: “Bener juga, ternyata lingkup usaha Rahidin ini baru setingkat eceran 3 botol sehari, Pak… ha  ha ha ha ha, belum bisa masuk ke kelompok 7 paketan…”

Nah inilah pelajaran berharga dari Pak Rahidin. Dalam menjalani bisnis PT MNI, rupanya saya tidak boleh membeda-bedakan calon konsumen atau calon member baru saya. Saya tidak boleh menilai seorang prospek yang akan menjadi downline saya sebelum dia benar-benar menjalankan bisnisnya, bersama saya. Meskipun banyak leader PT MNI menganjurkan agar distributor memburu konsumen yang membeli 3 paket atau 7 paket, rupanya jualan eceran seperti Pak Rahidin 3 botol sehari, jauh lebih efektif jika memang lingkungan pergaulan kita adalah kelompok yang mampunya membeli eceran…. Ibaratnya sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit….

Selamat Pak Rahidin, Sampeyan memang sumber inspirasi.

Salam sukses dari Bogor

Tentang W D Widodo

Winarso D Widodo, admin e-warung http://wfbc.netfirms.com/ yang merupakan stokis PT Melia Nature Indonesia untuk wilayah Darmaga - Bogor dan sekitarnya. PT MNI merupakan perusahaan MLM untuk 2 produk kesehatan: 1) Melia Propolis dan 2) Melia Biyang, sarana menuju hidup Sehat dan Sejahtera Bersama.
Pos ini dipublikasikan di be young, binary, biyang spray, kesaksian, Kesaksian Bonus, MLM-Distinct, motivasi, Network Marketing, omset, propolis, sehat sejahtera. Tandai permalink.

2 Balasan ke SESUAIKAN LINGKUNGAN ANDA

  1. edwina610 berkata:

    alhamdulillah emang lingkungn pasaran tempat kita mengembangkan jg mmpengaruhi ASAL IKHLAS N GIAT BRUSAHA prtama2 konsumen coba dulu 1 BOTOL ”’TAK KENAL MAKANYA TAK SAYANG”” SETELAH TAU KHASIATNYA KENAL BISNISNYA ya penasaran kan???/akhirnya + lagi 2 3 4 5 6 jadi 1 unit dech kalo prhitungan jd member juga akhirnya…NACH LOOOOOOOOO…..

  2. sudirman berkata:

    member melianature

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s