Binary #9: Kunci Sukses

what-is-mlm-keys-to-successDi Indonesia ada belasan perusahaan MLM beroperasi. Berbagai format dan sistem jaringan dikembangkan dan ditawarkan. Berbagai formula perolehan penghasilan dan reward ditawarkan. Berbagai metode memotivasi member level bawah diselenggarakan.

Persoalannya apakah pengeluaran operasional non-tranksaksi lebih besar dibanding penghasilan seorang member? Atau seberapa cepat seorang yang baru bergabung dengan perusahaan MLM, kemudian beraktivitas sepenuhnya, dapat memperoleh penghasilan yang diharapkan?

Jawabannya tentu tergantung perusahaan MLM-nya. Ditinjau dari perusahaan MLM-nya, maka akan tergantung dari dua hal, pertama kualitas dan demand atas produknya dan kedua tergantung dari commission plans yang diterapkan.

Walau bagaimanapun jenis, bentuk, sistem dan format jaringan perusahaan MLM yang anda ikuti, tentu ada beberapa tindakan atau pemahaman strategis yang membuat anda dapat sukses berbisnis MLM. Demikian pula dengan sistem binary murni dari PT Melia Nature Indonesia ini, ada beberapa pemahaman dan tindakan yang saya anggap dapat menjadi kunci sukses, yaitu:

  1. Anggap saja Binary Network Marketing murni lebih cenderung operasional sebagai grup atau jaringan belanja bersama, daripada jaringan “penjualan berjenjang”, “pengecer”, atau “pedagang keliling”. Nilai pembelanjaan sudah ditetapkan Rp 550,000 per paket. Distributor yang membeli produk kepada stokis, memiliki hak sepenuhnya atas produk yang dia terima. Maksudnya, produk itu dapat dia konsumsi sendiri, atau dijual ulang secara eceran kepada konsumen non member. Akan halnya penjualan eceran, hasilnya juga terserah si penjual. Hasil jualan dapat dia kumpulkan (berarti dia untung 150,000 jika jualan melia propolis eceran 7 botol atau untung Rp 450,000 jika berhasil menjual 4 botol melia biyang miliknya) kemudian digunakan untuk belanja ulang lagi ke stokis yang artinya jumlah unit usahanya bertambah, dan kembali dia punya modal jualan eceran.
  2. Pengalaman pelaku MLM sukses menunjukkan bahwa 90 persen konsumen bebas akan menjadi pelanggan. Kemudian 90% pelanggan itu akan menjadi member terutama dengan alasan agar dapat belanja produk dengan harga yang lebih murah. Sepuluh persen member dari pelanggan itu biasanya berpotensi menjalankan bisnisnya. Jadi, jangan pernah mengecewakan konsumen apalagi yang sudah jadi pelanggan. Apalagi dengan sistem binary murni ini, setiap pelanggan berpotensi menjadi member dan setiap ada member baru bergabung, berarti modal utama bagi anda memperoleh bonus, sekaligus mengembangkan jaringan.
  3. Keberhasilan sistem ini hanya ditentukan oleh adanya transaksi dari waktu ke waktu. Maka jangan bosan-bosan melakukan promosi dan prospek di setiap kesempatan anda bertemu orang. Ingat bahwa hanya 0.1 x 0.9 x 0.9 dari sejumlah orang yang anda temui mungkin menjadi member (hanya 8 orang dari 100 orang yang Anda prospek). Maka jika anda ditolak ketika memprospek, sampaikan kepada prospeksn itu rasa terimakasih bahwa beliau sudah mengurangi jumlah orang yang akan menolak anda dari sejumlah orang yang akan anda prospek selanjutnya.
  4. Ketika anda berhasil mensponsori seorang member baru, maka lakukan spill over (pelimpahan) member itu kepada downline yang belum imbang kakinya atau belum punya kaki.
  5. Sebaiknya anda tidak bosan-bosan merekrut member baru hingga memperoleh sedikitnya 2 downline aktif di kaki kiri dan 2 downline aktif di kaki kanan, maka janji passive income sudah di depan mata.
  6. Jangan biasakan bersaing dengan orang lain, tetapi bersainglah dengan diri sendiri; terutama dalam melawan keengganan dan kebiasaan menunda kegiatan. Nyatakan selalu: “Aku mampu melakukannya…!

Salam sukses,

kunci_sukses
WD Widodo
wdwidodo@gmail.com

Tentang W D Widodo

Winarso D Widodo, admin e-warung http://wfbc.netfirms.com/ yang merupakan stokis PT Melia Nature Indonesia untuk wilayah Darmaga - Bogor dan sekitarnya. PT MNI merupakan perusahaan MLM untuk 2 produk kesehatan: 1) Melia Propolis dan 2) Melia Biyang, sarana menuju hidup Sehat dan Sejahtera Bersama.
Pos ini dipublikasikan di MLM-Distinct, motivasi, Network Marketing. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s