Binary #2: Apakah MLM Itu?

howmlmdifferentMarketing (pemasaran) adalah proses transaksi (pertukaran) antara barang (produk) atau pelayanan (jasa). Dalam membahas MLM ini saya mengkhususkan pada transaksi barang dengan uang (nomina). MLM adalah salah satu cara penjualan langsung (direct selling).

Penjualan langsung adalah pemasaran barang yang sudah ada sejak jaman kuno dengan berbagai macam bentuk. Pertukaran barang (barter), cara berdagang kabilah-kabilan Arab dan Mongol termasuk ke dalam sistem penjualan langsung. Penjualan langsung ditanai dengan hubungan langsung antara penjual dengan pembeli (konsumen) ketika melakukan transaksi (man to man transaction).

Sesungguhnya setiap aktivitas ekonomi manusia merupakan proses pemasaran dengan cara penjualan langsung, setidaknya dalam memasarkan diri sendiri sehingga memperoleh penghasilan (upah, gaji, penghargaan). Produk utamanya adalah keterampilan dan keahlian. Sebagai contoh, seorang guru menjual kebiasaannya menyampaikan ilmu pengetahuan atau keterampilan kepada para muridnya, dan dia memperoleh penghasilan dari kegiatan “berjualan” itu. Demikian pula para buruh, dokter, tentara, polisi, konsultan, dukun dan segala macam profesi lainnya sebenarnya adalah usaha “menjual diri” secara penjualan langsung.

Perbedaan sistem penjualan langsung dengan MLM dibandingkan dengan cara lain setidaknya meliputi empat hal berikut:

  1. komunikasi interaktif (timbal-balik) antara penjual dan konsumen tentang kualitas produk yang ditawarkan
  2. pengetahuan penjual MLM atas produk yang dipertukarkan umumnya lebih baik dibanding penjual pada cara lain
  3. jenis bonus, komisi atau konpensasi pemasaran yang diterima pelaku MLM selain keuntungan langsung sebagai “penjual” juga menerima bayaran dari perusahaan MLM sesuai dengan commission plans perusahaan.
  4. OMSET penjualan merupakan omset penjualan group atau jaringan.

Banyaknya komisi atau bonus dan berjenjangnya pelaku MLM dalam jaringannya, membuat cara ini disebut dengan Multi Level Marketing. Jika sistemnya tidak begitu menekankan pada hierarkhi jaringan, maka model ini sering disebut dengan istilah Network Marketing. Prinsip operasional dari MLM adalah menggabungkan 2 produk pemasaran, yaitu produk dan jasa pelayanan yang memuaskan konsumen atau pelanggan.

Salam Sukses

WD Widodo
wdwidodo@gmail.com  

Tentang W D Widodo

Winarso D Widodo, admin e-warung http://wfbc.netfirms.com/ yang merupakan stokis PT Melia Nature Indonesia untuk wilayah Darmaga - Bogor dan sekitarnya. PT MNI merupakan perusahaan MLM untuk 2 produk kesehatan: 1) Melia Propolis dan 2) Melia Biyang, sarana menuju hidup Sehat dan Sejahtera Bersama.
Pos ini dipublikasikan di sehat sejahtera. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s