Sinusitis sampai Luka Bakar

PROPOLIS: ANTIOKSIDAN ALAMI SUPER KUMPLIT
Pengunjung Weblog Yth. beberapa hari terakhir saya cukup sibuk berburu pustaka tentang Propolis dan Colustrum di internet. Berkat bantuan mesin pencari Google, banyak informasi saya dapatkan. Satu yang paling menarik adalah bahwa review tentang bioaktivitas propolis dalam pengobatan dan kesehatan, khususnya untuk penyakit tumor dan sejenisnya, telah ditulis oleh Dr. Mahmoud Lotfy, Molecular and Cellular Biology Department, Genetic Engineering and Biotechnology Research Institute, Minufiya University, Sadat City, Minufiya, Egypt, P.O. 22857-79. E-mail: mlotfy2000@yahoo.com; mylotfy@mailer.menofia.edu.eg untuk Asian Pacific Journal of Cancer Prevention, Vol 7, 2006: 22-31.

Berikut adalah abstrak review itu yang telah saya terjemahkan untuk Anda semua: “Propolis adalah produk alami turunan dari getah/resin beraneka ragam tumbuh-tumbuhan yang dikumpulkan oleh lebah madu. Propolis digunakan oleh lebah sebagai “lem”, untuk penambalan-penambalan dan perekatan-perekatan penyusunan “tala” lebah (bee-combs) dan sebagai sarana pertahanan  untuk sarang lebah.
Propolis sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Telah banyak dikenal propolis memiliki kasiat sebagai anti-mikroba, antioksidatif, anti-ulcer dan anti-tumor. Oleh karena itu akhir-akhir ini propolis memperoleh perhatian besar sebagai bahan yang sangat potensial yang dapat digunakan untuk dunia kesehatan dan kosmetika. Selanjutnya, propolis sekarang juga digunakan secara ekstensif sebagai suplemen makanan dan bahan penyegar (
beverages – Arab: syaraabun) dengan klaim dapat menjaga atau meningkatkan kesehatan manusia. Komposisi kimia propolis adalah sangat kompleks. Lebih dari 300 senyawa seperti polyphenols, phenolic aldehydes, sequiterpene quinines, coumarins, asam amino, steroid dan senyawa-senyawa inorganic telah teridentifikasi dalam propolis. Kandungan bahan-bahan tersebut sangat bergantung pada lokasi pengumpulan, waktu dan jenis tanaman sumber. Konsekuensinya, propolis yang dikumpulkan dari area phytogeographical yang berbeda dan waktu yang berbeda akan sangat berbeda pula tingkat aktivitas biologinya. Dalam review ini aktivitas biologi propolis yang disampaikan diutamakan pada aktivitasnya sebagai anti-tumor.
Kata-kata kunci: Bee propolis – biological activity – anti-tumor – anti-inflammatory – anti-bacterial

Pengunjung yang bahagia,
Dengan logika sederhana dapat kita pahami mengapa propolis sebagai suplemen kesehatan dapat membantu penyembuhan atau bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Baik penyakit simtomatik (akibat infeksi mikrobia) maupun (dan terutama) penyakit-penyakit degeneratif karena menurunnya daya tahan tubuh kita karena usia. Sebagai anti tumor, misalnya, kita mengenal kunyit-putih, talas tikus, atau buah mengkudu (pace), tetapi itu bersifat tunggal. Yang tentunya zat aktifnya efektif untuk kepentingan hidup si tanaman penghasilnya.

Propolis, beda sekali. Bahkan ada dasar yang kuat bahwa ‘syaraabun’ yang keluar dari perut lebah beraneka warna mengandung penyembuhan bagi manusia (surah an-Nahl QS 16: 69). Propolis dikumpulkan oleh lebah dari berbagai macam tumbuhan dan dengan sifat lebah seperti yang telah difirmankan Tuhan di ayat sebelumnya (QS 16:68) memang dengan ‘ilham (wahyu) Tuhan, digunakan oleh lebah sebagai bahan seterilan untuk menjaga sterilitas dalam sarang yang menyimpan madu dan memelihara anak-anak lebah, sekaligus untuk menambal sarang yang bocor. Propolis juga ditemukan diletakkan lebah di “pintu” masuk sarang untuk pertahanan. 

Sehingga tidak mengherankan propolis memiliki kasiat yang demikian kumplit. Berikut adalah beberapa kesaksian kasiat Propolis dari jaringan yang bertransaksi di Stokis Sidoarjo.

1. SUNUSITIS
03-sinusitisSRI SUBAKTI (Gedek, Mojokerto): “Saya  sudah lama pilek yang tidak sembih-sembuh, bahkan sampai pusing-pusing, ternyata kata dokter saya mengidap sinusitis dan kolesterol tinggi, sehingga harus menjalani terapi di rumah sakit selama 20 hari. Namun, tidak ada hasil yang berarti. Hingga akhirnya saya diberi propolis oleh menantu. Setelah mengonsumsi beberapa hari, gejala pilek dan pusing-pusing saya berkurang. Dan beberapa waktu lalu, perut saya terasa sakit dan perih, ternyata waktu buang aor kecil keluar seperti darah beku sebesar ibu jari (padahal saya sudah menopause). Keika dikonsulyasikan ke dokter, ternyata itu adalah darah kotor yang memang seharusnya keluar, kalau tidak bisa keluar darah itu dapat memicu terbentuknya sel kanker. Alhamdulillah, berkat Melia Propolis saya merasa jauh lebih sehat.”

2. MIMISAN DAN TAHI LALAT
06-mimisanIERENNE. Taman Pinang Indah – Sidoarjo (dituturkan oleh orang-tuanya): “Anak kami, Ierenne (8 tahun), sejak kecil alergi terhadap coklat. Bila mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung coklat pasti mimisan. Pada saat mimisan darah yang keluar cukup banyak. Hal ini pernah terjadi 3 hari berturut-turut yang berakibat sangat buruk yaitu pada saat ditanya jawabannya tidak sesuai dengan yang ditanyakan. Akhirnya kami beri Melia Propolis secara teratur dan sekarang Ierenne sudah sembuh dan bisa mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung coklat. Sampai sekarang kami masih memberikan Melia Propolis setiap hari pada anak-anak.

Cerita lain: pembantu kami (Gima) yang sudah 12 tahun kerja pada kami mempunyai tahi-lalat yang tadinya hanya setitik menjadi besar kira-kira 3 mm. Pada saat kami sarankan mengoles propolis, dia lakukan. Mula-mula katanya terasa gatal dan setelah 10 hari kering dan terlepas. Propolis terus dioleskan hingga tahi-lalat itu sekarang tidak berbekas.”

3. AMANDEL
07-amandelYANI, Taman Puspa Sarirogo – Sidoarjo: “Anak saya bernama Aldi umur 9 tahun, sejak lahir mengidap pembengkakan amandel. Setelah saya beri Melia Propolis, saya coba tetesi tenggorokannya 3 x 3 tetes sehari, hingga habis 4 botol amandelnya benar-benar sembuh dan sekarang dia sudah bebas makan dan minum sesukanya.”

4. DIABETES MELLITUS
08-diabetesONY, Perum Pondok Mutiara – Sidoarjo: “Awalnya anak kami (Imas) dinyatakan mengidap penyakit diabetes mellitus tipe I saat usianya baru 4 tahun sekitar bulan agustus 1999. Saat itu anak kami mengalami pre-coma di ICU dan gula darahnya mencapai 1455/mg. Anak kami sekarang sudah berusia 12 tahun dan beberapa kali keluar masuk R# bahkan sempat mengalami tensi darah mencapai 200/159. Kedua jempol kakinya sempat luka hingga mengeluarkan nanah. Juga suntik insulin. Suatu saat, saya dikenalkan oleh Ibu Yuli, produk Melia Nature Indonesia yaitu Melia Propolis dan Melia Biyang. Alhamdulillah, jempol kaki anak kami sembuh, gula darahnya normal dan tidurnya lebih nyenyak, tidak pernah kesemutan atau pusing kepala. Tubuhnya semakin sehat.

5. LUKA BAKAR
09-lukabakarBARLEY (Sidoarjo): “Akibat lengah, anak saya Barley 2 tahun 10 bulan separo badannya tersiram kuah bakso panas. Lukanya besar mulai bawah ketiak menyambung ke perut hingga paha. Seketika itu dibawa ke dokter dan diprediksikan anak saya sembuh dalam 2 bulan perawatan. Oleh teman disarankan pakai Melia Propolis 5 tetes dicampur 1 sendok makan air untuk dibalurkan pada luka sesering mungkin. Tiga hari kemudian luka besar itu mengeluarkan lendir kuning. Namun kata dokter malah bagus karena justru hal itu akan membangun dan membentuk jaringan sel kulit baru. Berangsur-angsur luka bakar anak saya mengerng, menghitam semua dan mengelupas sendiri. Dalam waktu 16 hari perawatan kulit anak saya kembali seperti sediakala. Melia Propolis telah memberi bukti, bukan janji…”

 Silakan bagi yang berminat mencobanya, SMS kan alamat email Anda ke 0819-31101719 atau 0815-11504535, kami akan kirimkan formulir pemesanan dan beberapa keterangan bertransaksi di Stokis Dramaga (Warung Biyang Propolis). Dapat juga pesanan Anda dikirimkan via  e-mail ke mnidramaga@yahoo.com atau mnidramaga@gmail.com

Salam Sukses dari Bogor.

022-031-Lotfy [unduh PDF review Dr. Mahmoud Lotfy]

Tentang soeloyo

Dosen Institut Pertanian Bogor, ngenani "Woh-wohan" (Pomology. Samben dari tukang dodolan suplemen kesehatan weton PT Melia Nature Indonesia
Pos ini dipublikasikan di biyang spray, Herbal, ilmiah, kesaksian, Network Marketing, propolis, stop press, Suplemen dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s