MLMology # 1: Penjualan Langsung…!!!

mlmBisnis MLM mulai beroperasi di Indonesia sekitar 20 tahun yang lalu. Sekarang entah ada berapa perusahaan MLM. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Namun demikian tumpuannya adalah sama, yaitu QUALITAS PRODUK. Produk laku keras, MLM makin beruntung, member makin banyak.

MLM banyak yang membencinya. Tapi tak sedikit yang “merasa” sukses berbisnis MLM. Yang jadi masalah adalah pengakuan-pengakuan yang sering tidak cocok antara definisi dan praktiknya. MLM adalah salah satu metode penjualan langsung (direct selling, man to man transaction). Namun pada praktiknya, distributor hanya dapat berhadapan langsung dengan konsumen akhir atau sesama distributor. Perusahaan sering tidak dapat diakses oleh para distributor. Padahal surat ijin yang dikantongi adalah SIUPL (Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung).

Harusnya penjualan langsung itu ya seperti layaknya orang belanja tunai di pasar. Ada uang ada barang. Jadi yang dihititung seharusnya bukan jumlah personal yang menjadi distributor, tetapi berapa barang yang berhasil ditransaksikan. Semacam beli lepas begitu. Dengan begitu tak ada lagi kewajiban belanja ulang. Tak ada lagi syarat pencairan bonus (fee pemasaran) selain terjadinya OMSET bagi perusahaan.

Dalam penjualan langsung, berapapun omset harus ada imbalannya. Yang bisa ditekankan adalah omset maksimum, bukan minimum. Pembelian ulang harusnya otomatis terjadi jika distributor memperoleh bonus. Bonus harus seghera dibayarkan, bukan melebihi hari bulan berjalan.

Itulah hakikat PENJUALAN LANGSUNG, ada uang ada barang dan ada UNTUNG.

Tentang propbiyang

pekerjaan utama dosen ipb-bhmn, sambilan sebagai tukang kebun buah naga di bogor, network marketer pt melia nature indonesia, admin warung biyang propolis
Pos ini dipublikasikan di motivasi, Network Marketing. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s