Tapé – Sering jadi pembangkit Asam Urat

 PENGUNJUNG Blog Propbiyang, pada tulisan ini saya akan membicarakan tapai (Jawa: tapé; Sunda: peuyeum).
Kenapa saya perlu menyampaikan tapai ini? Karena pada banyak kasus, tapai termasuk makanan “lezat” tradisional yang harus dihindari oleh para penderita Asam Urat (Gout), seperti yang tertulis di blog Kesehatan Online tentang diet bagi penderita asam urat sebagai berikut.
[1. Wajib dihindari (oleh penderita Asam Urat):
Sarden, jeroan (ginjal, limpa, usus, hati, jantung, paru), otak, kaldu daging, bebek, angsa, burung, kerang, minuman beralkohol, makanan beragi.

2. Wajib dibatasi:
Asparagus, buncis, kacang polong (maksimum 50 gr/hari).
Kacang hijau, kacang merah, kacang tanah (maksimum 25 gr/hr).
Daging, ayam, ikan (bandeng, tongkol, tengiri, bawal) — (maksimum 50 gr/hari).
Tahu, tempe, oncom (maksimum 50 gr/hr)].

Tapai adalah hasil fermentasi karbohidrat (singkong, ketan, ketan hitam] sebagian menjadi gula dan sebagian menjadi alkhohol oleh cendawan-ragi yang nama ilmiahnya Saccharomyces cerevisiae. Ternyata tidak hanya tapai, tetapi semua makanan atau minuman hasil fermentasi harus dihindari oleh penderita asam urat. Paling tidak dibatasi. Jadi bangsa-bangsa kecap, tempe, natta, tauco seharusnya dihindari oleh penderita asam urat. Sayuran hijau seperti lembayung, daun melinjo, melinjo (emping), kacang panjang, kacang hijau, kacang tanah, harus dikurangi juga. Lama-lama apa yang bisa dimakan dengan enak oleh penderita asam urat? Sedih bukan?
Namun bagi saya, tidak khawatir dengan alkhohol yang ada dalam tapai, seperti tulisan sebelumnya tentang emping. Ternyata PROPOLIS dapat menurunkan asam urat. Saya sendiri hingga sekarang tetap saja berani mengonsumsi tapai, emping, dan tempe. Apalagi jika tapainya dikemas secantik TAPE SARI MANIS dari KEDIRI ini. Bahannya juga khusus singkong kuning (singkong mentega). Rasanya sungguh luar biasa. Manis saja, tidak terasa asam-asamnya, legit (garing) dan tahan lama. Lebih lezat lagi jika disimpan terlebih dahulu dalam kulkas…:-). Itulah pengalaman saya yang masih bisa hidup menikmati berbagai makanan pantangan bagi penderita asam urat, tetapi tidak bagi saya berkat PROPOLIS dan MELIA BIYANG SPRAY. Propolis benar-benar membantu kami sekeluarga untuk dapat menikmati hidangan dan makanan tradisional dengan tetap merasa aman.

Apalagi jika dibantu dengan mengonsumsi Melia Biyang Spray, yang bahan dasarnya collustrum sapi. Melia Biyang Spray sudah terbukti dapat merangsang kinerja kelenjar pituitary  untuk kembali memproduksi Human Growth Hormones (HGH) yang menjadi induk berbagai hormon manusia. Hampir semua kelenjar penghasil hormon dalam tubuh manusia dikendalikan oleh kelenjar pituitary, seperti hambar berikut.

 

 

Karena begitu pentingnya kelenjar pituitary sebagai penghasil HGH, maka kelenjar ini disebut sebagai induk kelenjar, dan hormon yang dihasilkan disebut juga dengan induk hormon, yang mengatur produksi dua kelompok kerja hormon manusia yang sangat penting, yaitu Insulinelike Growth Factor 1 (IGF-1) dan Sex Hormones. Kebetulan pengaruh sex hormones (progesterone) pernah diteliti pada tikus dan dilaporkan di  Cellular and Molecular Life Sciences (CMLS): Volume 31, Number 10 / October, 1975 yang terbukti dapat menurunkan metabolisme purine sebagai precursor asam urat darah sebagai berikut:
Y. Nishida1, I. Akaoka1 and T. Nishizawa1
Department of Medicine and Physical Therapy, Faculty of Medicine, University of Tokyo, Bunkyo-ku, 113 Tokyo, JapanSummary.  The effects of sex hormones on purine metabolism were investigated in rats. No influence on purine synthesis was shown by the injection of estrogen and androgen. The plasma urate levels were significantly lowered from 2.43±1.04 mg/100 ml to 1.53±0.57 mg/100 ml by the injection of progesterone. Urinary excretion of uric acid plus allantoin was slightly reduced. These results suggested that progesterone may influence age and sex differences in human plasma urate levels.

 

Jadi nyata sudah betapa pentingnya sepasang produk PT MNI yang kami pasarkan dan kami tawarkan kepada Anda semua sebagai suatu solusi kesehatan yang sangat ampuh, murah (1 paket dapat dikonsumsi hingga 4 bulan dengan harga pembelian perdana hanya Rp 580,000, dan pembelian berikutnya hanya Rp 550,000), dan jika kita mau menjalankan sistem bisnisnya, penghasilan besar menanti kita semua menuju hidup sehat sejahtera dan awet muda.

Silakan pesan sekarang secara online di http://wfbc.netfirms.com/ atau lewat fax atau SMS di warung biyang propolis

Bagi Pengunjung Blog yang kebetulan berdomisili di Bogor dan sekitarnya, kami undang untuk hadir pada acara Open Plan Presentation (OPP) mingguan di Warung Biyang Propolis setiap Jumat jam 14.00 atau di Stokis PT MNI Bogor di Soes Merdeka lt 3, Jl. Raya Bangbarung – Bogor setiap Sabtu jam 10.00. Kami siap menukar waktu 120 menit Anda dengan peluang solusi kesehatan dan finansial Anda sekalian.

Salam dari Bogor, sampai jumpa di puncak kesuksesan.

Winarso D Widodo
admin e-Warung Biyang Propolis

Tentang propbiyang

pekerjaan utama dosen ipb-bhmn, sambilan sebagai tukang kebun buah naga di bogor, network marketer pt melia nature indonesia, admin warung biyang propolis
Pos ini dipublikasikan di biyang spray, bogaria (kuliner), propolis, sehat sejahtera, Suplemen. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s