Viral Marketing #1

1. MLM pada Umumnya

Multi Level Marketing (MLM) adalah salah satu bentuk sistem penjualan langsung (direct selling) yang proses perpindahan produk terjadi dari suatu produsen (supplier) kepada suatu jaringan konsumen melalui sponsor. Dari  Sponsor, member umumnya tidak dapat memperoleh produk secara langsung, melainkan perlu leader. Sistem ini dinamakan MLM, karena dalam operasionalnya ada “level” atau “jenjang” anggota dalam suatu jaringan dan ada berbagai “bonus” baik sebagai imbalan “prestasi” penjualan (omset) maupun imbalan mengembangkan jaringan. Pada umumnya “bonus” juga berjenjang. Anggota jaringan yang paling bawah levelnya harus “bekerja keras” untuk memperoleh kenaikan jenjang bonus. Anggota yang sudah mencapai tingkat tertentu juga harus bekerja keras mempertahankan dengan jalan “tutup poin” atau merekrut anggota baru sebanyak-banyaknya.

Gambaran umum sistem MLM adalah sebagai berikut:

MLM pada Umumnya

Tindakan tutup poin menjadikan MLM yang seharusnya “fair” menjadi tidak adil, karena anggota peringkat bawah umumnya tidak memiliki dana yang kuat. Perekrutan anggota yang tidak dibatasi (sistem matahari) sering menimbulkan persaingan antara upline dengan downline dalam merekrut anggota baru. Rebutan anggota ini adalah cacat “conflict by system” MLM pada umumnya.

Tidak sedikit MLM yang dalam merekrut anggota baru mempertontonkan keberhasilan anggota “senior”. Iming-iming yang demikian sebenarnya hanya mempertontonkan hasil akhir dari para anggota senior yang telah sukses. Hanya sedikit sekali atau bahkan tanpa menunjukkan proses pencapaiannya yang sebenarnya berupa kerja sangat keras yang menguras waktu, tenaga dan biaya. Kadang-kadang ada pelaku MLM yang kelihatannya sukses justru sebenarnya memiliki banyak tangguhan hutang….

Sistem perekrutan anggota jaringan yang demikian seringkali menjadi paradoks dengan propaganda yang dilancarkan oleh “pemilik sistem jaringan” atau perusahaan produsen produk MLM. Anggota yang sering diberi sebutan “pemilik bisnis independent” justru menjadi sangat terikat kepada perusahaan atau pemilik sistem. Hal inilah yang membuat semakin tinggi peringkat seseorang dalam jaringan MLM menjadi semakin terikat kepada perusahaan atau pemilik sistem dan harus bekerja keras untuk mempertahankan peringkatnya. Perlu “ja’im (jaga image). Akibat yang paling fatal adalah banyak pelaku MLM sukses pada akhirnya berhenti dari pekerjaan awal dan sepenuhnya menjadi pelaku MLM. Padahal, mungkin saja dia adalah bagian SDM yang sangat dibutuhkan institusi.

Tentang propbiyang

pekerjaan utama dosen ipb-bhmn, sambilan sebagai tukang kebun buah naga di bogor, network marketer pt melia nature indonesia, admin warung biyang propolis
Pos ini dipublikasikan di Network Marketing dan tag , , , , . Tandai permalink.

6 Balasan ke Viral Marketing #1

  1. dhiesukses berkata:

    Menurut bpk, klo yg menganut sistem binary bagaimana..?

    klo sy pikir, sebenarnya kita harus berterima kasih pada yg namanya MLM..kenapa..? karena banyak orang yg bisa berubah hidupnya akibat MLM..

    masalah sukses atau ngga, sy pikir itu tergantung orangnya..

    truz kenapa di MLM yg di gembor2in adalah orang yg sukses.?
    y sekarang bpk bisa bayangin klo misalnya yg gemborin adalah orang yg gagal, kira2 orang pasti tertarik g..? g kan kan..
    misal sy ambil undian tahapan BCA….
    bpk bisa bayangin g klo misalnya di dalam undian itu, bank BCA mengeluarkan nama2 yg sudah gagal menerima mobil…
    maka itu, yg ditampilih hanya orang yg berhasil mendapatkan undian itu..

    kenapa orang yg suksesnya sedikit..?
    y karena inilah kehidupan, yg sukses pasti akan jauh lebih sedikit daripada yg g sukses..

  2. propbiyang berkata:

    dhiesukses yang baik,
    justru dengan hanya menggembar-gemborkan yang berhasil itu dampaknya adalah banyak member baru yang merasa gagal, lalu menyebarkan kegagalan itu kepada para orang yang berpotensi untuk menjadi pelaku MLM.

    kemudian yang menganut binary murni itu yang dihitung bukan orangnya berapa yang jadi member tetapi jumlah transaksi yang disusun dalam bentuk biner. seseorang boleh memiliki berapapun unit yang dia pasang sebagai jaringan. konsekuensinya jika ia membeli banyak lot, dia langsung diberi produk plus bonus pasangan atas nama dia sendiri… jadi beli lebih mudah (sudah harga member ditambah pengembalian dari perusahaan sebagai bonus)

    Ini satu hal penting yang menjadi tidak jelas pada sistem matahari atau biner atau tersier yang tidak murni. misalnya masih perlu tutup poin atau bonus baru diterimakan pada tangga; 15 (misalnya) berarti secara ekonomi usaha, si member bekeja 45 hari baru memperoleh bonus, itu pun harus otomatis nilainya dikurangi tutup poin. padahal pada member baru sering kali bonusnya < tutup poin.

    bukankah uang transaksi sebenarnya sudah ada? Kenapa tidak saja langsung diberikan sbagai keuntungan membina jaringan atau bagaimana?
    Yang pasti semakin banyak member tidak tutup poin, artinya seuruh keuntungan dari transaksinya menjadi milik perusahaan. juga semakin banyak member baru yang bonusnya lebih kecil dari tutup poin, semakin banyak yang tutup poin, perusahaan juga sangat untung. keuntungan pertama adalah produk mereka laku akibat repeat order berupa tutup poin, dan selisih dari keuntungan tansaksi yang sebenarnya dkurangi nilai bonus yang dibayarkan.

    Jika yang ikut jadi member sampai 100,000 misalnya,
    akan berarti triliunan uang masyarakat konsumen mengalir ke prusahaan..

    nuhun

  3. dhiesukses berkata:

    pak ,kebetulan sekarang sy lg jalanin biner,
    menurut bpk, di perusahaan yg sedang jalani ini kan kita g menganut yg namanya tutup poin, dan juga komisinya mingguan..jd sy g perlu nunggu ampe 45 hari itu..

    gimana pak..

  4. propbiyang berkata:

    Bagus kalau begitu. Tidak ada tutup poin itu poin yang paling penting. Di jaringan saya, sebetulnya ada juga tutup poin, tetapi fungsinya hanya untuk mencairkan bonus bulanan dalam bentuk uang tunai. Namun tutup poinnya beda dengan yang lain. Kalau yang lain bayar/belanja tutup poin dulu baru bonus cair, kalau di jaringan saya ini dapat bonus harian dulu baru dipotong 30% untuk ditabung selama sebulan. Jika sebulan mencapai Rp 750,000 potonganya, barulah bonus bulanan yang bisa mencapai Rp 86,000,000 (jika jaringan 11 level mencapai tutup poin semua), dibayarkan via rekening pada tanggal 20.
    [potongan 30% bonus harian saja maksimal Rp 750,000, bisa dibayangkan besar bonus hariannya, kan?]

    Enaknya di jaringan saya ini ada dua macam bonus harian selain RABAT langsung jualan eceran. Rabat langsung jualan eceran untuk Propolis Rp 20,000 per botol (1 paket 7 botol, jadi kalau hanya jualan eceran saja, akan dapat Rp 140,000 per paket); untuk Biyang Spray kemasan baru sepaket isi 4 botol harga eceran @ Rp 235,000, harga member cuma Rp 550,000 per paket.

    Bonus harian ada bonus sponsor, Rp 100,000 setiap paket yang berhasil diseponsorkan untuk dibeli oleh member baru. Dan nanti jika member ini memperbanyak unit, tetap dapat bonus sponsor Rp 100,000 setiap tambahan 1 unit. Bonus kedua bonus pasangan, dapat Rp 170,000 setiap ada tambahan 2 member di kiri dan 2 member di kanan, berlaku kelipatannya hingga maksimal ada tambahan 10 pasang (10 kanan 10 kiri) Rp 850,000 sehari. Per hari lho, bukan per minggu. Sehingga sampai kedalaman member 6 level kita bisa tahu persis berapa bonus harian yang akan diterima selebihnya gak tahu, tergantung aktivitas kita dan aktivitas para downline.
    Kadang-kadang saya diem saja tahu-tahu ada SMS dari PT MNI: “Selamat Bonus anda hari ini tanggal/bulan/tahun sebesar: Rp…. (minimal 65,000 karena member sponsoran kita tambah unit atau 114,000 jika ada tambahan unit 2 pasang seimbang, karena upline saya aktif sehingga dapat limpahan member atau downline saya aktif menyeponsori member baru…;-) huenak tenan – tak perlu nunggu peringkat sampai diamond atau singa terbang… dah dapat passive income secara nyata.)

    Ok, jika ingin tahu lebih banyak silakan JAPRI ke mnidramaga@yahoo.com atau kunjungi http://wfbc.netfirms.com

    –tks–

  5. dhiesukses berkata:

    wah pak,
    mf sebelumnya, sy g tau kenapa klo masalah obat atau kesehatan sy kurang tertarik,.
    cuz yg namanya obat itu biasanya cocok-cocokan, misal klo sy dan bpk sakit kepala, obat sy misal biasanya bodrex..tp apakah bpk pake bodrex jg, blm tentu kan..?

    nah, kebetulan bisnis sy yg skarang tu bergerak di bidang pulsa..
    kira2 menurut bpk, misal sy dan bpk punya hp, untuk bisa gunain hp sy butuh pulsa kn, dan klo bpk butuh mau gunai hp itu..bpk butuh pulsa jg kan..
    makanya repeat ordernya tinggi..sehingga klo sy bilang, komisi di pulsa iti lebih pasti daripada kita jalanin obat atau yg laennya..

    untuk info bpk bisa liat di http://www.clubduta.com

    bisnis duta ini lagi bener2 meledak pak, mana ada network marketing indonesia yg aktivasinya minimal 100 member tiap hari..
    pokonya luar biasa..
    thanks..

  6. bravo9682 berkata:

    wah wah MLM nih
    main lah ke http://bravo9682.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s